Menggunakan E-mail untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi


Kelebihan dan Kekurangan Mailbox Post dan Mailbox E-Mail

    Surat merupakan benda yang mempunyai sifat beragam. Terkadang surat bersifat umum, pribadi, dinas, rahasia atau sangat rahasia. Untuk keamanan dan kenyamanan surat bagi pemilik kotak surat ( mailbox ), kotak surat mempunyai pengaman berupa kunci dengan kombinasi pada tertentu untuk membukanya. Pemilik e – mail harus memberikan user Engine dan password yang berguna sebagai pengaman e – mail dari orang lain. Ketika seseorang ingin membuka mailbox e – mailnya dia meneruskan user ID dan passwordnya dengan benar.
    Perbedaan utama antara kunci yang digunakam mailbox pos dengan mail box e – mail adalah dari bentuknya secara fisik. Kunci mailbox pos suatu waktu dapat digandakan atau dirusak dengan mudah, tetapi user ID dan password e – mail tidak akan mudah dilacak walau secara fisik hanya merupakan kumpulan dari karakter.
    Berikut ini tampilan situs penyedia layanan e – mail, yaitu mail.yahoo.com. bila pengguna layanan telah memiliki alamat email pada halaman depannya. User diminta untuk memasukkan Id dan password, kemudian dilanjutkan dengan meng klik tombol sign, tetapi bila user dan pengguna internet belum mempunyai yahoo mail dipersilikan untuk terlebih dahulu untuk mendaftar dengan menekan tombol sign up now.

Kantor pos telah ada selama lebih dari 230 tahun. Selama awal awal perusahaan pemerintah berbasis, itu sedikit persaingan.Orang dikomunikasikan menggunakan USPS selama bertahun-tahun, itu cara yang paling dasar untuk mencapai keluarga dan teman tanpa menghabiskan lebih yang 20cents. Lalu datanglah internet di akhir 60-an ke 70-an awal. Pada saat ini teknologi ini dipandang sebagai sebuah kemewahan, sesuatu yang hanya dimiliki pintar dan kaya. Dengan internet, surat elektronik (email) diciptakan. Ini terhubung orang lebih mudah dari sebelumnya. Ini menciptakan ancaman dengan cara layanan lama pos berkomunikasi. 

Perbedaan: 
Beberapa perbedaan antara jasa pos dan email adalah; kecepatan. Email jauh lebih cepat dan lebih efisien. Orang-orang dapat berkomunikasi melalui email dalam hitungan detik saat layanan pos bisa memakan waktu hingga lima hari. Perbedaan lain antara email dan layanan pos adalah menulis. Dengan email, Anda tidak bisa melihat tulisan tangan pengirim, melainkan Anda melihat pilihan mereka font atau grafis. Terakhir, layanan pos memiliki alamat yang mereka berikan untuk tidak peduli apa nama penerima adalah. Dalam otherwords, jika nama Anda adalah pada surat yang dikirim ke alamat tetangga Anda, tetangga menerima surat apa pun. Namun, email tidak memiliki fitur itu. Anda harus benar menggunakan alamat email penerima atau email tidak akan dikirim, ia akan mengirimkannya kembali kepada Anda sebagai kesalahan. 

a. Kunci mailbox post sewaktu-waktu dapat digandakan atau dirusak dengan mudah ,tetapi User ID dan password e-mail tidak akan mudah dilacak walau secara fisik hanya merupakan kumpulan dari karakter.
b. Pada mailbox di kantor pos bentuk fisiknya nyata yaitu berupa kotak penyimpanan, pada mailbox bentuk fisiknya dalam bentuk maya.
c. Waktu pengiriman surat melalui pos memerlukan waktu yang cukup lama, pada e-mail waktu pengiriman hanya beberapa detik saja.
d. Mailbox post mengharuskan kita untuk meng-print dan meng-amplop surat, sedangkan mailbox email kita cukup mengetiknya tanpa harus meng-printnya
e. Mailbox email lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan kertas seperti mailbox post
f. Mailbox mengharuskan kita menempel perangko

Persamaan: Beberapa kesamaan dari email dan layanan pos adalah salam. Ketika email pertama kali ditemukan, hal itu tidak mencakup hal-hal seperti seperti kartu ucapan seperti layanan pos lakukan. Sekarang kartu ucapan dapat dikirim melalui email.Mereka juga bisa datang dan biasanya datang dengan suara dan lagu.
a. Mempunyai prinsip yang sama yaitu mengirim informasi, surat atau data
b. Keduanya mengharuskan nama dan tujuan pengiriman
c. Keduanya mempunyai nama pengirim yang jelas
d. Keduanya mempunyai kapasitas inbox


Etika dalam Membuat Email

1.Gunakan email kantor hanya untuk kepentingan pekerjaan
Jika Anda mempunyai account email kantor, hanya gunakan untuk pesan-pesan yang berhubungan dengan urusan pekerjaan. Hindari menggunakan email kantor untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan terutama urusan pribadi yang berhubungan dengan pencarian kerja. Menggunakan email kantor untuk urusan pribadi adalah salah satu bentuk pencurian. Beberapa perusahaan seringkali mengecek penggunaan email kantor pada karyawannya.


2. Jangan terlalu banyak menggunakan emoticon
Beberapa orang memang menyukai, namun ada juga yang tidak menyukai. Batasi pengunaannya sampai Anda benar-benar tahu karakter pembaca email Anda.

3. Gunakan bahasa yang formal dalam mengirim pesan
Meski email dirasa kurang formal dibanding surat konvensional, Anda harus tetap memperhatikan tata bahasa yang baku saat mengirim surat atau dokumen untuk urusan pekerjaan.

4. Jangan mengirim spam
Tidak ada seorang pun yang menyukai spam. Jika Anda mengirim spam, Anda bisa kehilangan kredibilitas profesionalisme

5. Buat catatan tentang surat Anda
Buat file terpisah di hard copy. Anda tidak pernah tahu,masalah bisa terjadi kapan saja. Jadi siapkan diri Anda.

6. Hargai pilihan orang lain dalam berkomunikasi
Sebagian orang ada yang suka berkomunikasi dengan email. Namun, ada pula yang tidak.

7. Gunakan kolom subject secara bijaksana
Beri judul atau rerferensi tentang topik pesan pada kolom subject diformat email Anda.

8. Balas email tepat waktu
Beberapa orang lebih santai dalam membalas email dibanding bentuk korespondensi lainnya, jaid hati-hati jika pengirim menginginkan yang sebaliknya.

9. Batasi pesan Anda hingga satu layar saja
Jika memungkinkan pesan tidak melebihi satu layar saja. Pesan yang singkat dan padat akan menghemat waktu pembaca.

10. Gunakan program anti virus untuk menyaring email
Meski kontak dari orang-orang yang kita kenal bisa membawa virus yang bisa merusak komputer, dan mungkin secara tidak sadar Anda mentransfer email itu ke orang lain. Untuk jaga-jaga, cek email yang baru masuk sebelum Anda membukanya.
Cara-cara memperoleh email

Ada banyak server yang menawarkan layanan e-mail seperti yahoomail.com atau gmail.com.
  • Berbayar : www.parked,com (http://yuswono.web.id/sukses-mendaftar-di-parkedcom.html)
  • Gratis : (http://ooyi.wordpress.com/2006/12/23/mendapatkan-email-gratis/) 
• Mail.ru , 
• NetTaxi 
• Polbox, 
• Riftwar, 
• SoftHome 
• Telebot (+voicemail), 
• TelkomMail 
• Tfz.net, 
• Tomcat 
• Tonghua, 
• Tutorial 
• 163 Net 
• 2BMail 
• 5Start 
• 888.nu 
• AlloyMail 
• AmexMail 
• Altavista 
• Angelfire 
• Anti-social 
• ApexMail 
• ArcadeMaster 
• Artic.net 
• Asian City 
• AstrosFan 
• Backpackers 
• BaseMail (Portugis) 
• BBoy.com 
• Bellsouth 
• BigAssMail 
• BimaMail 
• Biz.st 
• Busymail

 

Faktor dalam Memilih Layanan Email

Setiap orang yang modern pasti lebih memilih e-mail karena semua faktor yang mengungguli e-mail daripada surat biasa, beberapa faktor tersebut yaitu :
  1. Berdasarkan lamanya umur email tersebut. 
  2. Iklan yang mensponsori. 
  3. Kapasitas penyimpanan. 
  4. Kelebihan penyediaan email. 
  5. Kemudahan dalam mengakses, dan 
  6. Kelengkapan fasilitas. 

Perbedaan Email Berbasis Web dan Email Berbasis Pop3

1. Email berbasis pop3 dapat dibuka hanya oleh komputerpemakai,sedangkan emai berbasis web, bisa dilihat oleh siapa sajayang sedang mengakses internet.

2. Melalui email berbasis pop3 akses internet pada saat mengirim danmenerima dapat dikurangi, sedangkan pada email berbasis web aksesinternet tidak boleh sampai putus saat akses email, mulai darimengirim sampai menerima.

3. Melalui sistem pop3 kita dapat membaca email secara offline tanpaharus tersambung dengan layanan internet, sedangkan email secara web harus tetap tersambung dengan internet walaupun membaca.

4. Untuk menggunakan email berbasis pop3 kita perlu tersambung secaralangsung pada jaringan atau penyedia layanan ,dan perlu memilikiaplikasi mail client.sedangkan melalui email berbasis web. Setelah tersambung ke Internet lewat jaringan atau penyedia layananInternet, kita dapat mengarahkan browser web komputer kita ke web yang menyediakan jasa email web, seperti dan masuk ke akun kita.

A. WEB BASED E-MAIL
Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.
Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.
Kelebihan :
  • Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
Kekurangan :
  • Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
  • E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
  • Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.


B. POP3
POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP. POP saat ini sudah memasuki versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3). Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client (seperti Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.
Kelebihan :
  • Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
  • Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
  • E-mail berbasis POP3 lambat.
  • Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
  • Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
Kekurangan :
  • Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
  • Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client, tidak bisa mengecek e-mail Kamu dari sembarang tempat.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung e-mail dapat tak terbatas, tergantung besarnya kapasitas pada komputer lokal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar